Minggu, 07 Juni 2020

Menjadi Blogger Professional Melalui Pelatihan Sagusablog


Blog yang berisi materi Bahasa Inggris SMA kelas X, Kelas XI, Kelas XII, dan Umum. Juga berisi artikel pendidikan, beasiswa, kesehatan, agama, motivasi, inspirasi, budaya dan wisata Gayo Lues, dan artikel populer lainnya.
Salah satu organisasi profesi guru yang aktif meningkatkan kualitas para guru di Indonesia adalah Ikatan Guru Indonesia yang sering disingkat IGI. Organisasi ini tidak pernah berhenti memberikan peluang pelatihan gratis atau pun berbayar bagi anggotanya juga bagi para guru Indonesia secara umum. Salah satu pelatihan yang cukup digemari yang diadakan oleh IGI adalah pelatihan membuat blog bagi guru, pelatihan ini sangat populer dengan istilah Sagusablog yang merupakan singkatan dari Satu Guru Satu Blog. Kenapa saya berani mengatakan pelatihan ini sangat digemari? karena saya sudah beberapa kali coba mendaftar tapi ternyata kuotanya sudah penuh, dan baru dapat kursi menjadi peserta pada gelombang 40 untuk Pelatihan Dasar dan gelombang 41 untuk Pelatihan Lanjutan.

Selanjutnya, melalui pelatihan ini, para peserta dibimbing mulai dari hal-hal yang sangat dasar hingga ke hal-hal yang rumit, mulai dari cara membuat blog hingga menjadikan blog sebagai sumber penghasilan tambahan or how to monetize our blog, luar biasa bukan?

Setau saya, pelatihan dibagi ke dalam dua tingkatan atau level yaitu kelas dasar dan kelas lanjutan. Mengenai materi yang diajarkan, pada level dasar, para peserta akan dibimbing hal-hal berikut 

1. Membuat blog dengan blogger (Modul 1).
2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger (Modul 2).
3. Mendesain Header blog (Modul 3).
4. Mengelola dan Menghias Blog (Modul 4):

- Posting artikel, gambar, teks, video
- Posting Laman
- Posting artikel dengan pemenggalan paragraf
- Membuat label/ kategori postingan
- Menambahkan widget-widget penting seperti: popular post, Daftar link, Statistik Blog
- Membuat link dalam tulisan
Adapun pada level lanjutan, para peserta akan mendapatkan arahan berkenaan dengan materi di bawah ini:
1. Membuat Blog di Blogger
2. Mengganti template dengan templater dari pihak ke 3
3. Mendesain header blog dengan Adobe Photoshop
4. Mengelola dan menghias blog agar lebih menarik
5. Membuat soal online di google drive yang bisa disematkan di blog guru
6. Custom domain Premium dengan Cloudflare
7. Monetize
8. Optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Akhirnya, melalui tulisan ini saya ingin mengatakan bahwa pelatihan Sagusablog betul-betul memberikan arahan dan bimbingan bagi para peserta hingga mampu membuat blog secara profesional. Walaupun, saya sendiri belum profesional bahkan belum menyelesaikan pelatihan untuk tingkat lanjutan ini..he..he.. Tapi saya yakin kalau saya ikuti dengan serius, banyak berlatih dan konsultasi dengan para master blogger di sagusablog, saya juga bisa menjadi blogger professional. Kok saya berani bilang begitu, ya berani dong! Saya kan udah baca beberapa testimoni para senior di Sagusablog.

0 comments:

Posting Komentar